May Day, Labor Day "Hari Buruh Internasional"


www.nyatatapigakaneh.com

1 Mei adalah tanggal pembukan di awal bulan Mei yang bertepatan dengan perayaan Hari Buruh Internasional atau lebih dikenal dengan sebutan May Day atau juga Labor Day. Apa sebenarnya makna dari Hari Buruh Internasional itu sobat nyatatapigakaneh.com ada yang tau gak nih ceritanya??? Kalo belum nih mimin kasih semua seluk beluknya sampe bagian terdalam ya.
Sejarah Awal May Day

May Day atau Labor Day yang kita kenal dengan sebutan Hari Buruh Internasional di Indonesia sebenarnya mengadopsi apa yang sudah menjadi Tren bagi Negara-Negara di Kawasan Eropa hingga Amerika. Tepatnya dimulai sejak awal abad ke-19, saat perkembangan Industri Kapitalis yang beranjak naik namun berbanding terbalik dengan apa yang didapatkan oleh para kaum pekerjanya. Mereka diwajibkan bekerja dengan sangat keras dengan upah seminim mungkin. Hingga akhirnya rasa kekecewaan serta ketidakpuasan atas apa yang seharusnya mereka dapatkan meningkat dan akhirnya terjadilah perlawanan dalam merebut tonggak kendali perekonomian hingga politik untuk kaum pekerja.

Aksi mereka pertama kali dilakukan pada tahun 1806 di Amerika Serikat yang digawangi oleh para pekerja dari perusahaan Cordwainers. Namun aksi mereka berakhir di meja hijau alias pengadilan bagi para koordinatornya. Dari sinilah terkuak sebuah fakta baru dimana para pekerja diperusahaan tersebut bekerja selama 19 hingga 20 jam per harinya dan kemudian dari sini pula jam kerja buruh kemudian direduksi sampai akhirnya dijadikan Agenda Bersama para kaum pekerja di Amerika Serikat.

Setelah puluhan tahun berselang, muncul lah generasi penggebrak baru yang dikomando oleh duo McGuire, Peter McGuire dan Matthew Maguire yang berjuang untuk kaum buruh agar mendapatkan hak dan penghormatan atas apa yang telah mereka lakukan. Pada tahun 1872 McGuire bersama dengan sekitar 100.000 pekerja lainnya melakukan aksi demonstrasi dengan melakukan pemogokan kerja demi menuntut pengurangan jam kerja. Selain itu, McGuire juga melobi pemerintah yang berkuasa untuk bisa memfasilitasi pekerjaan dan uang lembur yang layak untuk para pengangguran yang ada.

Akhirnya perjuangan panjang McGuire terbayarkan pada tahun 1887 dimana Oregon menjadi Negara Bagian Amerika Serikat pertama yang hari libur untuk semua pekerja di wilayahnya. Setelah membentuk "United Brotherhood of Carpenters and Joiners of America" pada tahun 1881, McGuire semakin mengembangkan sayap perjuangannya untuk para kelas pekerja agar mendapatkan hak -hak mereka yang setimpal dengan kewajiban yang telah mereka jalankan. 

Akhirnya pada tanggal 1 Mei 1886,  ditetapkan sebagai Hari Perjuangan Buruh di Dunia melalui sebuah Konggres yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions. dan waktu pertama ditetapkan, orang-orang menyebutnya dengan Labor day, dan karena bertepatan dengan bulan Mei makanya disebut May Day.


May Day di Indonesia

www.nyatatapigakaneh.com

Di Indonesia sendiri baru menetapkan May Day sebagai libur nasional pada tanggal 1 Mei 2014, setelah melalui banyak aksi Demonstrasi besar-besaran yang dilakukan kaum pekerja. Tapi apa yang terjadi setelah itu? Demonstrasi tetap berjalan, namun terkoordinir dengan baik. Sayangnya terkadang tutntutan mereka terkesan berlebihan, hingga membuat para pengusaha berpikir ulang untuk menyetujui atau tidak setiap tuntutan yang mereka ajukan, jadi tak sedikit juga para investor yang lebih memilih menutup diri, dan menutup semua aset mereka di Indonesia.

Kalo begini siapa yang susah sekarang? Siapa lagi yang mau disalahkan? Intinya, kalo sudah sesuai dengan kelayakan yang harusnya diterima, ya syukuri dulu aja, nanti jika kinerja bagus juga pasti semuanya akan berubah dengan baik. Jangan belum apa-apa udah nuntut HAK.

Selamat Hari Buruh Internasional, Semoga kedepan kaum pekerja menjadi lebih sukses, sejahtera dan lebih pintar lagi jadi tidak ada yang dibodoh-bodohi lagi sama Investor dan sama EGO nya sendiri. May Day May Day It's A Labor Day, Hari Buruh Internasional.