Tips Kupas dan Iris Bawang Tanpa Menangis


Image result for bawang merah
Sobat nyata tapi gak aneh dot com pasti banyak yang suka masak ya? dan pasti kalian gak terpisahkan dari bumbu dapur yang bernama Bawang kan sob?  Bawang merah dan bawang bombay mengandung zat yang bisa membuat siapa saja menangis saat memotongnya. Mata jadi pedih dan mengeluarkan air mata. Jangan khawatir sob, kali ini nyatatapigakaneh.com akan mencoba menghadirkan beberapa Tips Mengupas dan Memotong Bawang agar tak sampai mencucurkan air mata. Simak ulasan lengkapnya yuk sob!

Penyebab mata pedih dan menangis saat memotong bawang adalah zat yang dikeluarkan bawang merah saat terpotong dan mengiritasi mata hal ini disebabkan oleh senyawa bersulfur yang terdapat pada bawang merah akan bereaksi dengan enzim tertentu sehingga menghasilkan asam sulfenat yang berubah menjadi senyawa propanetiol S-oksida yang menguap. Pergunakan pisau yang sangat tajam untuk mengirisnya. Bawang merah yang diiris rapi dan juga bersih akan mengurangi pengeluaran zat yang beresiko membuat mata iritasi.


Salah satu solusi ampuh yang bisa kamu coba adalah dengan Mencuci Bawang dengan Air Bersih terlebih dahulu sebelum mengirisnya, cara ini sangat efektif dan tak akan membuat mata teriritasi.
Kamu juga bisa Mendinginkan Bawang dalam Freezer selama beberapa menit sebelum mengirisnya sobat. Ini akan membuat senyawa propanetiol S-oksida, zat yang membuat mata pedih berkurang.Cara terakhir yang paling mudah adalah dengan Menggunakan Kacamata Pelindung. Ini akan melindungi mata secara keseluruhan dan tak akan ada air mata saat mengiris bawang.Jika memang sudah terlanjur terkena zat yang membuat mata pedih, kamu bisa mengatasinya dengan cara mudah sobat. Cucilah mata dengan air bersih dan hindari menyentuh atau mengucek mata dengan jari tangan yang sudah terkena bawang sob. Happy Cooking sobat nyatatapigakaneh.com(Pea)